Kamis, 20 Agustus 2009

BISAKAH SAYA MENJADI PENGUSAHA???


Dulu saya hanyalah seorang perempuan yang sangat biasa...seorang ibu rumah tangga yang tinggal di kota kecil..Namun saya tidak pernah mau menyerah pada kondisi yang ada.semangat saya mengalahkan kemampuan saya pada waktu itu...sehingga suatu saat saya mempersempit kegiatan saya dengan menjadi seorang ibu rumahtangga dan menjalankan bisnis dirumah..

Jatuh bangun saya alami dalam bisnis yang dijalankan.

Sampai akhirnya saya memutuskan untuk mendirikan satu perusahaan dengan tujuan menjadi semakin besar dan profesional...dan akhirnya...saya BERHASIL...

Perusahaan berjalan baik dalam kurun waktu 5tahun...menjadi semakin besar dengan profit yang sangat bagus...Perusahaan saya bergerak di bidang jasa dan kontraktor..

Namun ternyata banyak hal yang membuat kita terlena...apabila kita sudah berada pada puncak kejayaan..yang mempengaruhi ..kinerja dan masa depan perusahaan....sehingga untuk kedepan saya merasa mempunyai kemampuan yang lebih dari apa yang pernah saya lakukan pada waktu dulu.berdasarkan pengalaman yang pernah dialami..

Hal-hal yang perlu diperhatikan agar kita bisa menjadi pengusaha yang baik...

      *Yg pasti harus ada pencatatan sesuai sistem/prosedur yg ditentukan dan kontrol jg ga kalah penting. Kalo di luar negeri ibaratnya ada larangan merokok buat anak kecil, sistemnya beli rokok cuma di toko atau mesin, kontrolnya pembeli hrs tunjukin identitas atau beli di mesin jg harus pake kartu bank atau lainnya yg menunjukkan usia. Mungkin tetap akan ada pelanggaran, tp jumlahnya sdh minimum.

Sistem pencatatan yg baik misalnya memisahan kas/bank antara pribadi dan perusahaan, pendapatan perusahaan dlm jml besar sebisa mgkn lgs disetor ke Bank, pengeluaran hrs disertai bukti yg bs diandalkan, dsbgnya bs dibaca di buku.
Yg pasti yg nyatat sama yg kontrol harus beda, yg pegang duit sama yg nyatat jg ga bole double job, pencatatannya nanti bs terjadi rekayasa.

Tidak ada komentar: